Assalamualaikum...Selamat Datang di My Dreams Come True Blog........Semoga Semua Isi Dalam Blog Ini Bermanfaat.........Terimaksih Atas Kunjungannya, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak Anda di Blog Ini.....Wassalamualaikum

Rabu, 04 Januari 2012

Kimia Tanpa Matematika

23.03.00


KIMIA TANPA MATEMATIKA



            Kimia, apa sih yang  kita ketahui tentang Kimia? Apa itu sebuah nama? Apa sebuah cerita? Atau kah sebuah eksperimen? Apapun yang ada di benak kita semua tentang Kimia, sebagai manusia pada umumnya, yang kita ketahui tentang Kimia merupakan salah satu ilmu pasti yang ada di dunia ini, eksperimen-eksperimen zat, reaksi-reaksi zat Kimia yang ada, bahkan tentang penggunaan zat-zat berbahaya. Banyak pendapat yang menyatakan bahwa Kimia merupakan pusat dari semua ilmu pengetahuan yang ada. Tapi apakah itu semua benar adanya? Lalu adakah ilmu pengetahuan lain yang ternyata masih lebih dominan di kehidupan kita ini? Bagaimana dengan Matematika? Kemudian apakah ada hubungannya dengan Matematika? Mari kita selidiki lebih dalam lagi mengenai masalah ini.
           





Pertama kita bahas tentang apa itu Kimia? Kimia dalam bahasa Arab di terjemahkan menjadi Kimmiya yang berarti perubahan benda atau zat. Pada hakekatnya Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Banyak yang bilang, bahwa Kimia sebagai ‘ilmu pusat’ karena Kimia menghubungkan berbagai ilmu lain di dunia ini. Sebagai contoh di bidang kedokteran, biologi, fisika, lingkungan, forensik, astronomi, farmasi, ilmu bahan, komputer, dan lain sebagainya.
Kimia memang sangat dominan di dunia ini. Kita tidak dapat menafikan hal tersebut. Dalam kehidupan, kita tidak bisa terlepas dari yang namanya Kimia. Apa buktinya? Sebagai contoh sederhana tentang Kimia yang ada di kehidupan kita, tapi memberikan gambaran yang kompleks mengenai kegunaannya dalam kehidupan kita yaitu, bahwa Kimia berperan dalam proses pernapasan, proses pencernaan makanan yang kita makan, dan beberapa hal yang selalu ada dalam kehidupan kita dan juga berhubungan dengan Kimia tapi kita tidak menyadarinya. Sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa kehidupan kita tidak akan bisa terlepas dari yang namanya Kimia.
Lalu bagaimana dengan Matematika? Apa yang terlintas dalam benak anda bila mendengar kata Matematika? Apa hanya susunan angka-angka yang tidak bermakna? Atau kah ada suatu keindahan yang terpancar dari angka-angka tersebut? Kebanyakan dari kita menganggap bahwa Matematika itu sulit, Matematika itu menyeramkan, Matematika itu wow menyebalkan. Tapi tak sedikit pula yang menganggap bahwa Matematika itu asyik loh, Matematika itu keren loh, Matematika itu ternyata menyenangkan. Pada kenyataannya Matematika hanya berkutat pada angka angka yang itu-itu saja, tidak ada bedanya dari semenjak kita duduk di bangku SD, bahkan dari sejak kita masih kecil sampai nanti kita mati. Semakin kita mengenal angka-angka itu, kita akan semakin mengerti betapa berartinya Matematika bagi kehidupan kita. Pada hakekatnya Matematika berasal dari bahasa Yunani Kuno Máthēma, yang berarti pengkajian, pembelajaran, ilmu, yang ruang lingkupnya menyempit, dan arti teknisnya menjadi "pengkajian matematika", bahkan demikian juga pada zaman kuno. Kata sifatnya adalah Mathēmatikós, berkaitan dengan pengkajian, atau tekun belajar, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, Mathēmatikḗ tékhnē, di dalam bahasa Latin ars mathematica, berarti seni matematika.
Sadarkah bahwa Matematika itu sangat berperan dan dibutuhkan dalam setiap ilmu perngetahuan dan segala kegiatan dalam kehidupan kita. Nah mari kita buktikan betapa berperannya Matematika dalam kehidupan kita. Di lingkungan masyarakat secara tidak langsung orang sudah menggunakan matematika. Seperti ketika orang menghitung penghasilan, hasil panen, jumlah belanja, luas tanah, luas rumah, ongkos, hak waris, dan masih banyak yang lainnya. Jelas bahwa matematika sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari. Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan kehidupan, namun masih banyak yang kurang menyukai, tidak tertarik, dan bahkan takut. Walaupun dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari persoalan Matematika.
Terus apa hubungannya antara Kimia dengan Matematika? Nah inilah saat nya kita bahas mengenai masalah tersebut. Kimia tanpa matematika adalah hal yang tak mungkin terjadi. Kimia tak akan bisa berdiri tegak bila tanpa Matematika. Seperti pernyataan bahwa shalat adalah tiangnya agama begitu pula hubungan antara Kimia dengan Matematika, Matematika adalah tiangnya Kimia, Kimia akan runtuh bila tanpa adanya penyokong, yaitu Matematika. Kimia sangat bergantung pada Matematika. Kima tidak akan ada tanpa Matematika. Karena Matematika merupakan dasar dari semua ilmu perngetahuan termasuk Kimia. Apa buktinya kalau Kimia tidak bisa terlepas dari Matematika? Marilah kita bahas beberapa bahasan dalam ilmu Kimia yang sering kita jumpai, misalnya :
         1.         Pembuatan Larutan.
Dalam pembuatan larutan kita mengetahui bahwa kita tidak bisa dengan sembarang mencampurkan zat-zat Kimia. Kita harus melakukan perhitungan stoikiometri untuk dapat mengetahui jumlah zat yang harus kita tambahkan agar menjadi larutan. Stoikiometri merupakan pengaplikasian ilmu Matematika dalam Kimia.

         2.         Sistem Periodik unsur.
Zat-zat kimia yang telah diketaui kemudian dikelompokan oleh Kimiawan dalam suatu sistem yang dinamakan sistem periodik unsur. Nah pengelompokan ini dalam ilmu Matematika dikenal sebagai Himpunan. Zat-zat tersebut dihimpun dan kemudian disusun sesuai dengan sifat-sifatnya.

         3.         Kimia Teori
Dalam Kimia bukan hanya berisi tentang eksperimen tetapi juga teorinya. Eksperimen tidak akan terjadi tanpa kita ketahui teorinya. Dalm Kimia teori ini dibutuhkan daya nalar yang kuat untuk menyelesaikan suatu masalah. Logika Matematika lah yang dapat membantu memperkuat daya nalar kita.
            Dari sekian banyaknya bahasan yang menyinggung tentang peranan Matematika dalam ilmu Kimia. Kita sudah dapat menarik satu kesimpulan. Kimia tidak akan bisa berdiri tanpa adanya Matematika di dalamnya. Layaknya mobil yang membutuhkan bensin untuk melaju kencang, dan tak akan bisa melaju bila tanpa ada bensin. Nah Kimia pun begitu, tidak akan ada bila tanpa adanya Matematika. Karena Matematika merupakan dasar dari semua ilmu pengetahuan yang ada di dunia ini, jadi berlaku pula terhadap Kimia yang merupakan ilmu pengetahuan. Akhirnya pendapat terakhir yang dapat disampaikan yaitu Kimia tanpa Matematika akan RUNTUH layaknya rumah tanpa tiang penyangga.


Written by

Terimakasih sudah membaca artikel saya. Semoga apa yang saya sampaikan dapat berguna kedepannya. Jangan lupa tinggalkan jejak ya :D

0 comments:

Posting Komentar

 

© 2014 My Dreams Come True by Andre Veliana Verry. All rights resevered. Designed by Templateism thank you so much for an aw

Back To Top